Hiburan

Deretan Lomba 17 Agustus yang Bisa Dimainkan Berkelompok

Menanti Lomba 17 Agustus di Bulan Ini

Beberapa hari lagi Indonesia bakal merayakan hari kemerdekaannya yang ke-77 tahun pada 17 Agustus 2022 mendatang. Ini menjadi momen bersejarah yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat Tanah Air.

Apalagi saat ini beberapa daerah di Indonesia mulai diperbolehkan mengadakan acara perayaan hari kemerdekaan Tanah Air. Agenda lomba pun menjadi yang paling dinanti-nantikan oleh para warga dalam memeriahkan hari lahirnya bangsa Indonesia.

Mengingat, dalam beberapa tahun terakhir masyarakat Tanah Air masih belum diizinkan untuk menyelenggarakan acara perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Hal itu terpaksa dilakukan karena pemerintah Indonesia memberlakukan sejumlah peraturan, mulai dari lockdown, PSBB, PPKM Level 3 dan seterusnya.

Sejumlah peraturan tersebut harus dilakukan pemerintah untuk menekan angka covid-19 di Indonesia. Saat itu pemerintah meminta agar seluruh masyarakat menjaga jaraknya dengan orang sekitar. Bahkan beberapa keluarga juga disarankan untuk tidak saling berdekatan satu sama lain.

Kondisi seperti ini yang membuat lomba 17 Agustus akhirnya ditiadakan sementara. Karena acara perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia tersebut cenderung bakal mengundang banyak orang. Sedangkan ketika itu masyarakat tidak diperbolehkan untuk berkerumun.

Beruntung saat ini masyarakat perlahan-lahan mulai diizinkan untuk menyelenggarakan acara lomba 17 Agustus di hari kemerdekaan Indonesia. Lomba 17 Agustus sendiri nyatanya terbagi dalam dua kategori, yakni perorangan dan kelompok. Dalam kesempatan ini, kami ingin mengingatkan kembali jenis lomba 17 Agustus yang bisa dimainkan secara kelompok:

Jenis Lomba 17 Agustus Kategori Berkelompok

  1. Tarik Tambang

Jenis permainan lomba 17 Agustus pertama yang ada dalam daftar ini adalah tarik tambang. Lomba tarik tambang sendiri nyatanya tidak bisa dimainkan secara perorangan. Dengan kata lain, permainan tersebut membutuhkan lebih dari tiga orang untuk dimainkan. Setiap tim nantinya bakal melawan satu tim lain untuk menjadi juara.

Lomba 17 Agustus jenis tarik tambang ini merupakan permainan yang paling seru dan cukup rutin dimainkan di setiap daerah di Indonesia. Mengingat persiapannya tidak begitu rumit, karena kalian hanya membutuhkan arena lapangan atau lahan kosong yang rata, serta seutas tali tambang.

Setiap kelompok peserta nantinya harus saling menarik tali tambang tersebut. Kelompok yang diisi oleh orang yang bertenaga dan berotot, kemungkinan bakal menjadi pemenangnya. Karena permainan ini membutuhkan tenaga yang kuat untuk bisa membuat sang lawan takluk.

  1. Panjat Pinang

Kedua, ada lomba panjat pinang. Jenis permainan ini juga tidak bisa dimainkan satu orang saja. Peserta harus dikelompokkan ke dalam beberapa tim untuk saling bekerja sama memanjat pohon pinang hingga puncak. Permainan ini kemungkinan bakal dimenangkan oleh tim yang memiliki kerja sama yang baik.

Pohon pinang tersebut nantinya bakal dilumuri oli untuk menambah kesulitan permainan ini. Hal ini membuat peserta rentan terjatuh karena pohon tersebut sangat licin. Biasanya setiap tim bakal membuat pondasi yang kuat di bagian bawah. Lalu peserta lainnya naik ke atas pundak hingga hampir menyentuh ujung pohon pinang.

Panjat pinang sendiri biasanya menghadirkan hadiah-hadiah mewah, seperti TV atau barang elektronik lainnya, sepeda, bahkan sampai sepeda motor. Nantinya hadiah tersebut bisa diambil di puncak pohon pinang.

  1. Sepak Bola Daster

Sebagai olahraga rakyat, sepak bola juga turut dimasukkan ke dalam perlombaan 17 Agustus. Namun lomba ini tidak hanya sekedar bermain sepak bola saja, nantinya para peserta diminta untuk mengenakan daster saat bertanding di atas lapangan.

Hal ini bakal membuat tim kesulitan untuk berlari dan menendang si kulit bundar. Biasanya di setiap kalangan bisa memainkan perlombaan ini di hari kemerdekaannya, baik itu anak-anak, remaja, laki-laki, perempuan, bapak-bapak, hingga ibu-ibu. Mereka yang berhasil mencetak gol paling banyak bakal dinyatakan sebagai pemenang.

  1. Bakiak

Bakiak masuk dalam urutan ke-4 di daftar jenis lomba 17 Agustus kategori kelompok. Permainan ini harus dimainkan lebih dari 2 orang. Setiap tim peserta lomba nantinya bakal diminta membangun chemistry untuk melangkah bersamaan menuju garis finis.

Setiap tim peserta nantinya harus melangkah bersamaan dalam hitungan yang tepat. Satu peserta saja yang tidak fokus, maka langkah timnya kemungkinan bakal terhambat dan makin lama menyentuh garis finis.

  1. Joget Balon

Joget balon dalam beberapa dekade terakhir mulai dimainkan sebagai lomba 17 Agustus. Dalam memainkan permainan ini, para peserta harus saling berpasangan. Nantinya balon akan ditempatkan di antara kepala peserta.

Saat balon berada di kepala, para pasangan diminta untuk berjoget mengikuti irama yang dilantunkan. Pasangan yang berhasil menjaga balonnya tidak jatuh, maka bakal dinyatakan sebagai pemenang. Maka dari itu, perlu adanya chemistry dan keseimbangan antara satu pasangan dengan pasangan yang lainnya.

Most Popular

To Top
Verified by MonsterInsights